Pada dasarnya orang
mempelajari psikologi untuk
menjadikan manusia agar hidupnya
baik dan bahagia. Karena psikologi sekarang
ternyata telah memasuki banyak bidang dalam kehidupan, begitu banyaknya persoalan yang
dapat dibantu dan diselesaikan oleh psikologi.Misalnya
persoalan-persoalan manusia yang hidup di pabrik, di sekolah, di sawah dan
sebagainya. Dengan psikologi, manusia tidak
ragu-ragu lagi mengubah cara hidup, tingkah laku dan pergaulan dalam
masyarakat.
Dahulu
orang menyangka, bahwa orang gila itu disebabkan karena tubuhnya diganggu oleh roh halus, tetapi sekarang orang sudah berubah asumsinya.Dahulu
orang menyangka, bahwa orang berbuat kejahatan itu hanya terdapat pada
oarng-oarng dewasa saja, tetapi sekarang orang berpendapat bahwa kejahatan iut
juga terdapat pada anak-anak, tersebab warisan dari orang tuanya.Dahulu oarng
sering marah terhadap anaknya apabila tidak mau belajar, tetapi ahli-ahli
psikologi sekarang tidak
demikian.
Pendidikan
adalah salah satu praktek dari psikologi. Oleh karena itu, sebenarnya
seorang pendidik hendaknya
juga seorang yang paham tentang psikologi. Sebab apabila
tidak demikian si pendidik
itu akan berbuat sesuatu dengan tanpa pedoman
atau landasan-landasan teori
yang semestinya. Psikologi dapat memberi sumbangan pada pendidikan
misalnya bagaimana cara anak
belajar, berfikir, mengingat, memperhatikan dan sebagainya.
Mempelajari
psikologi dalam kehidupan
tidak hanya berguna bagi orang tua dan guru dalam memberikan pendidikan kepada
anak sesuai dengan tahap perkembangannya, tapi juga berguna ketika memahami
diri kita sendiri. Bagi seorang guru, yang tugas utamanya adalahpendidik,
sangat penting memahami psikologi belajar.kegiatan pembelajaran dalam pendidikansarat dengan muatan psikologis.
Mengabaikan
aspek-aspek psikologis dalam proses pembelajaran akan
berakibat kegagalan, sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan mudah. Sehubungan
dengan ini, setiap pendidik selayaknya
memahami seluruh proses dan perkembangan manusia, khususnya peserta didik. Pengetahuan mengenai proses dan perkembangan
dan segala aspeknya itu sangat bermanfaat, dan manfaat yang dapat diraih antara lain :
1. Pendidik dapat
memberikan layanan dan bantuan dan bimbingan yang tepat kepadapeserta didik dengan pendekatan yang relefan dengan tingkat
perkembangannya.
2. Pendidik dapat
mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan
timbulnya kesulitan belajarpeserta tertentu.
3. Dapat mempertimbangkan
waktu yang tepat dalam memulai
aktifitas proses belajar mengajar bidang studi tertentu.
4. Pendidik dapat
menemukan dan menetapkan tujuan-tujuan
pengajaran sesuai dengan kemampuan psikologisnya.
5. Mampu membantu
memecahkan permasalahan siswa dalam belajar.
6. Memudahkan
penerapan pengetahuan, pendekatan dan komunikasi kepada anak didik
7. Membantu menciptakan
suasana edukatif dan efektif.
8. Dapat menyusun program pengajaran yang sesuai dengan masa perkembangan
peserta didik.
9. Pendidik dapat dengan mudah memilih metode-metode
pembelajaran dan pengajaranyang tepat untuk digunakan.
sumber: Anas Irwan / Mahasiswa UIN ALAUDDIN MAKASSAR 2014
0 komentar:
Posting Komentar